Powered By Blogger

Monday, June 22, 2015

Kewirausahaan (Pertemuan 1&2 Setelah UTS)


Sorry for the late post blogger readers. Pada pertemuan pertama di minggu pertama setelah UTS which was sekaligus digabung menjadi dua pertemuan, kegiatan hari ini berbeda sekali dari pertemuan-pertemuan yang telah ada sebelum UTS. Kalau di pertemuan-pertemuan sebelum UTS kita lebih fokus kepada teori berwirausaha mulai dari business plan sampai marketing strategic, maka di pertemuan setelah UTS ini kita akan mengimplementasikan teori-teori yang sudah kita dapat di pertemuan sebelum UTS.
Pada pertemuan kali ini tanpa basa-basi kita langsung dibagi ke dalam kelompok-kelompok. Alhasil dalam satu kelas terdapat 5 kelompok dan satu kelompok terdiri dari 9-10 anggota. Sebelumnya lumayan nervous juga karena kelompoknya dipilih secara random banget. Hal ini udah pasti selalu terjadi kalau udah pemilihan kelompok seperti ini. Pasti terbesit pemikiran siapa aja nanti teman-teman saya dalam satu kelompok. Apakah saya dapat bekerja sama dengan mereka. Apakah anak-anaknya rajin atau tidak. And yes finally I found my group mates. We sat in circle seat shape. Well actually none of these people were my friends from my previous class when I was in my first semester. But thankfully I know some of them so it’s not gonna be that awkward.
Pertama kita harus menentukan nama group, yel-yel kelompok, produk/jasa yang kita tawarkan, visi-misi, dan susunan keanggotaan dalam waktu sekitar 10 menit. Finally we decided to named our group O-NINE. Why O-NINE? Because our group consists of 09 persons. Lalu ada salah satu teman yang menyarankan bagaimana kalau kita menjual gelang universitas yang dapat dibolak-balik. Bila dibalik menjadi gelang identitas fakultas. Karena estimasi market daynya adalah sekitar 3 bulan maka kita mantap dapat mempersiapkan pembuatan gelang.
Setelah mantap dengan semuanya, satu per satu kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan apa yang sudah didiskusikan oleh kelompok. Kelompok O-NINE pun maju pertama untuk presentasi. Di saat itu kita excited banget sama ide kita. And it also calmed me down because at least i knew that these people are such a young excited teenagers and they are so fun to be around with. Ketua kelompok O-NINE adalah pandu. Dia memperkenalkan setiap anggota di dalam kelompok. Ada saya, Rischa, Ninda, Yosefin, Tanti, Dea, Beben dan Irzan. Kita menjelaskan visi-misi dan sebagainya. Namun kita masih salah dalam menuliskan visi-misi. Visi-misi yang kita tuliskan masih terbalik letaknya. In the end of presentation, like usual kelompok lain bertanya seputar produk yang kita tawarkan. Some of them might sounded like attacking us but we took their criticizes as a positive feedback to develop our products. I think the fun part of this presentation was when we sang our group anthem. The lyrics are: “Come on crowd, get up now! We are O-NINE! Go fight win! Go fight win! O-NINE, we are young entreprenuers!” i made it actually. I got inspired by my high school cheerleader team anthem by the way.
Lalu kelompok lain pun juga maju untuk mempresentasikan produk yang mereka tawarkan. 2 diantaranya menjual produk makanan which was my group wasn’t really concern at. Namun kita memiliki 2 kelompok pesaing yang menjual merchandise/kategori aksesoris. Keduanya menjual kaos. Namun salah satu kelompok terdengar sangat ambisius dan produk mereka memang  menarik saat dipresentasikan. Kelompok ini lah yang menjadi saingan terbesar kelompok kami.
Pada pertemuan selanjutnya kita harus membuat presentasi dengan menggunakan power point. Dan selama seminggu ke depan kita harus survey harga beserta detailnya. Kita juga harus menampilkan design produk kita. Just hope for the best for our group.

No comments:

Post a Comment