Powered By Blogger

Wednesday, April 15, 2015

Kreativitas VS Inovasi (Kewirausahaan Pertemuan Keempat)

        Materi kali ini menurut saya menarik sekali yaitu mengenai kreativitas dan inovasi. Terutama part ice breakingnya. Di saat kami para mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok dan kami dituntut untuk memecahkan permasalahan dalam sebuah contoh kasus dan kami juga dituntut untuk berimajinasi tentang kulkas di masa depan. Yang ternyata kami tidak sadar bahwa metode pemecahan masalah tersebut berbeda. Di mana contoh kasus merujuk pada kreatifitas, sedangkan imajinasi mengenai kulkas di masa mendatang merujuk pada bentuk inovasi. Yuk kita bahas lebih lanjut lagi mengenai kreativitas dan inovasi serta impactnya terhadap dunia kewirausahaan.
        Pertama, kita akan membahas soal kreativitas terlebih dahulu. Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam pemikiran, maupun ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru. Dikatakan di atas bahwa kreativitas adalah penerapan gagasan pada suatu permasalahan, permasalahan-permasalahan juga akan timbul dalam aktivitas berwirausaha. Di saat perusahaan sedang mengalami permasalahan, peran wirausahawan sangat besar demi keberlangsungan perusahaan tersebut. Seorang wirausahawan bisa saja mendelegasikan penyelesaian permasalahan tersebut kepada bawahannya. Tetapi tetap saja keputusan akhir tetap berada di tangan wirausahawan.
         Saya mau memberikan contoh bentuk kreativitas yang berdampak besar terhadap kemajuan sebuah perusahaan. Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan merk samsung? Semakin hari, samsung user pun terus bertambah. Saya masih ingat sewaktu saya masih SMP saya sempat memiliki hp samsung tapi hanya beberapa bulan saya beralih ke bb. Dulu saya menganggap bahwa samsung itu kuno dan tidak canggih. Tampilannya pun sangat biasa sekali. Seiring dengan berkembangnya teknologi, produk apple mulai menguasai pasaran. Tampilan serta aplikasi yang menarik menjadi pusat perhatian dari masyarakat. Melihat pasar yang antusias dan berpotensi, samsung mulai bangkit dan menciptakan produk berbasis android. Memang awalnya samsung membuat produk seperti itu untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tidak semuanya sanggup membeli produk apple yang lebih mahal. Seiring berjalannya waktu, samsung semakin canggih dan range harganya juga bervariasi. dari yang murah hingga yang sangat mahal. Dan akhirnya menurut sumber majalah tertentu, samsung menjadi merk gadget nomor 1 di dunia. Kebangkitan samsung seharusnya dapat menjadi motivasi bagi wirausahawan dalam menyikapi permasalahan dan menyelesaikannya dengan gagasan-gagasan kreativnya.
        Selanjutnya kita akan membahas mengenai inovasi. inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Umumnya, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang menyukai perubahan, pembaharuan, kemajuan dan tantangan, apapun profesinya. Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Oleh karena itu antara kewirausahaan dan inovasi memiliki hubungan yang sangat erat dalam menciptakan suatu produk yang unggul.
        Saya sangat menyukai pembahasan mengenai inovasi. Saat SMA saya diberi tugas kelompok oleh guru BP saya untuk presentasi mengenai inovasi (dalam bentuk teknologi) apa yang akan kami ciptakan untuk menunjang pekerjaan kami sesuai dengan jurusan yang ingin kami ambil nantinya. Kebetulan dulu saya ingin masuk jurusan komunikasi. Kami sekelompok akhirnya membuat konsep teknologi dalam membantu kegiatan sebagai event organizer, presenter, public relation, dll. Kalau saya disuruh berinovasi mengenai hal yang saya gemari sekarang, saya ingin suatu hari menciptakan 'magic mirror'. Sehingga hanya dengan berkaca saja, makeup sudah terpoles di wajah, rambut sudah tertata pula. Dan semuanya bisa diatur sesuai keinginan kita. Karena saya berpikir  bahwa di masa mendatang, manusia akan super sibuk sehingga waktu untuk berias diri akan semakin sedikit.
        Demikianlah perbedaan antara kreativitas dan inovasi. Tetapi keduanya memberikan dampak yang positif terhadap kelangsungan berwirausaha. Cobalah dari sekarang untuk memulai sebuah bisnis wirausaha dengan memunculkan kreativitas serta menggunakan inovasi saat kewirausahaan tersebut sedang dijalankan.

No comments:

Post a Comment